CARA MENGAJARKAN ANAK MENGHAFAL AL QUR'AN SEJAK DINI

CARA MENGAJARKAN ANAK MENGHAFAL AL QUR'AN SEJAK DINI


Beberapa orang tua punya standarnya masing-masing terhadap perkembangan anak. saya (yg bukan pakar anak apalagi psikolog) membaginya menjadi dua dimensi; dimensi duniawi dan dimensi akhirat. dua-duanya sama penting; tapi menurut saya ada nilai-nilai yang baik ditumbuhkan pada masa-masa balita. 

dimensi duniawi saya melihatnya/ banyak orang tua menilainya dari sang anak yang bisa hafal alphabeth, nyanyian, berhitung, maen gadget, bahkan berjoget mungkin; yang jika semua itu dilakukan sedini/ sebalita mungkin (kalo perlu pas baru brojol dah bisa itu semua) membuat orang tua bahagia. 

dimensi yg ke dua adalah dimensi akhirat; sama juga beberapa orang tua akan senang jika anaknya mampu menghafal huruf hijaiyah bahkan hafal beberapa surat pendek dalam Alquran, hafal doa-doa pendek, bisa mengikuti gerakan sholat dsb. 

naaahhh maksud saya ada nilai-nilai yang baik ditumbuhkan pada masa-masa balita; salah satunya menghafal Alquran. alasannya adalah (saya pernah dengar) ungkapan dari ulama terdahulu bahwa menghafal di waktu kecil bagai mengukir diatas batu, sedangkan menghafal dikala Tua/ dewasa bagaikan mengukir diatas air (mudah lupa).

nah berikut Tips  CARA MENGAJARKAN ANAK MENGHAFAL AL QUR'AN SEJAK DINI, beberapa dibawah ini sdh saya coba dan work; silahkan dipraktekan.

CARA MENGAJARKAN ANAK MENGHAFAL AL QUR'AN SEJAK DINI
1. BAYI (0-2 TAHUN)
-Bacakan Al Qur'an dari surat Al fatihah
-Tiap hari 4 kali waktu (pagi, siang, sore, malam)
-Tiap 1 waktu satu surat diulang 3x
-Setelah hari ke-5 ganti surat An Naas dengan metode yang sama
-Tiap 1 waktu surat yg lain-lain diulang 1x2
2. DIATAS 2 TAHUN
-Metode sama dengan teknik pengajaran bayi. Jika kemampuan mengucapkan kurang, maka tambah waktu menghafalnya, mis dari 5 hari menjadi 7 hari
-Sering dengarkan murattal; terutama qori nya anak-anak (ahmad saud dsb).
3. DIATAS 4 TAHUN
-Mulai atur konsentrasi dan waktu untuk menghafal serius
-Ajari muraja'ah sendiri
-Ajari menghafal sendiri
-Selalu dimotivasi supaya semagat selalu terjaga
-Waktu menghafal 3-4x perhari
Allaahummaj'alna fii ahli Qur'an , Allaahumma baarik fi auladina wa dzurriiyatina bil Qur'an, Allaahummarzuqna istiqomah fi tilawatil wa hifzil Qur'an...wa adhilna fi jannati fi Qur'an...Aamiin Allaahumma Aamiin
Rasulallah SAW bersabda :"Barang siapa yang menyampaikan 1 (satu) ilmu saja dan ada orang yang mengamalkannya,maka walaupun yang menyampaikan sudah tiada (meninggal dunia), dia akan tetap memperoleh pahala." (HR. Al-Bukhari)
Subhanallah
Semoga kita dapat mengambil pengetahuan bermanfaat yang bernilai ibadah lewat tulisan ini dan mengamalkan dalam kehidupan sehari - hari. Aamiin
(Cantumkan jika ada doa khusus agar kami para jamaah bisa mengaminkannya)
Silahkan Klik Bagikan di halamanmu agar kamu dan teman-temanmu senantiasa istiqomah dan bisa meningkatkan ketakwaannya kepada ALLAH SWT.

0 komentar:

Post a Comment

ITJ